Istilah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kita mungkin pernah atau sering mendengar kata ‘istilah’. Kata ini biasa digunakan untuk merujuk pada suatu kata dan gabungan kata yang digunakan dalam konteks tertentu. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘istilah’ dapat berarti sebutan nama, kata atau ungkapan khusus, dan kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. Kata ‘istilah’ memiliki tiga kata turunan yang terdafar dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, yaitu mengistilahkan yang berarti menyebutkan (menamakan dan sebagainya) sesuatu dengan perkataan tertentu, pengistilahan yang berarti proses, cara, atau perbuatan mengistilahkan, dan peristilahan yang bermakna perihal istilah.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), terdapat dua jenis istilah, yaitu istilah umum dan istilah khusus. Istilah umum merupakan istilah yang menjadi unsur bahasa yang digunakan secara umum, sedangkan istilah khusus merupakan istilah yang pemakaiannya dan atau maknanya terbatas pada bidang tertentu. Ilmu peristilahan disebut sebagai terminologi yang diambil dari bahasa Latin ‘terminus’. Terminologi adalah disiplin ilmu yang mempelajari, antara lain, pengembangan istilah-istilah tersebut dan keterkaitannya dalam ranah khusus. Terminologi berbeda dengan leksikografi, karena terminologi melibatkan studi konsep, sistem konseptual dan label (istilah), sedangkan leksikografi hanya mempelajari kata-kata dan artinya.

Terminologi atau peristilahan adalah disiplin ilmu yang secara sistematis mempelajari “pelabelan atau penunjukan konsep” khusus untuk satu atau lebih bidang subjek atau domain aktivitas manusia. Ini dilakukan melalui penelitian dan analisis istilah dalam konteks untuk tujuan mendokumentasikan dan mempromosikan penggunaan yang konsisten. Terminologi dapat dibatasi pada satu atau lebih bahasa (misalnya, “terminologi multibahasa” dan “terminologi bilingual”), atau mungkin memiliki fokus antar disiplin ilmu tentang penggunaan istilah dalam bidang yang berbeda.

Sebuah istilah tidak bisa diciptakan begitu saja. Menciptakan istilah pun tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, karena jika suatu istilah telah ditentukan, maka akan berlaku sampai muncul istilah baru. Pembuatan istilah harus dilakukan oleh ahli dari bidang yang bersangkutan dengan istilah yang akan dibuat.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), terdapat gabungan kata ‘istilah kekerabatan’. Pengertian ‘istilah kekerabatan’ dapat ditinjau dari dua bidang, yaitu bidang antropologi dan bidang linguistik. Dalam bidang antropologi, istilah kekerabatan merupakan istilah untuk menyebut atau menyapa orang yang terikat kepada diri sendiri karena hubungan keturunan, darah, atau perkawinan. Istilah kekerabatan dalam bidang linguistik berarti kata atau frasa yang mengungkapkan anggota suatu kelompok yang secara biologis berhubungan atau berkerabat, seperti contohnya kata ayah, abang, ipar, mertua.
Pada dasarnya, disiplin ilmu perihal istilah atau peristilahan meliputi beberapa hal sebagai berikut.

a. Menganalisis konsep yang digunakan pada suatu ranah, bidang, dan aktivitas
b. Mengindentifikasi istilah yang terkait dengan konsep
c. Menentukan padanan istilah yang sesuai pada bahasa lainnya
d. Membuat istilah yang baru jika diperlukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *