Ini unik di Kayu Trembesi Yang Perlu Anda Ketahui

Cahaya atau yang biasa disebut dengan kayu Trembesi adalah kayu dari genus Albizia. Kayu ini tersebar luas di daerah tropis seperti Indonesia. Pertumbuhannya cepat, jadi angkanya besar. Kita dapat menemukan pohon Trembesi di pulau-pulau besar seperti Kalimantan, Jawa dan Sulawesi serta di pulau-pulau seperti Maluku dan Nusa Tenggara. Yang menarik dari kayu ini adalah ketersediaannya yang masih sangat tinggi. Pohon trembesi juga bisa diperoleh dengan ukuran lebih dari 4 meter. Jelas, aspek ini sangat disukai oleh pengrajin kayu.

Properti kayu Trembesi
Secara umum, Trembesi memiliki kerapatan rata-rata yang bahkan lebih rendah dari jati. kayu suar , level III yang kuat dan gravitasi spesifik 0,6. Warna kayu gubal dan teras agak kontras. Warna babi keputihan, sedangkan terasnya berwarna coklat tua.

Kekuatan dan kekurangan trembesi

Manfaat Kayu Trembesi
Seperti yang telah disebutkan, laju pertumbuhan trembesi relatif tinggi. Kayu ini bisa relatif besar cepat daripada jenis kayu lain seperti mahoni. Dari sifat dan karakteristik kayu ini, kita dapat memperoleh kayu dengan diameter hingga 1,5 meter. Sangat menarik bukan?


Dari sudut pandang ekologis, penanaman trembesi juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah polusi udara. Sambil menunggu trembesi ditebang, pohon ini menyerap banyak polutan yang berdampak positif pada alam.

Kekurangan kayu trembesi
Ada beberapa kekurangan pembakaran kayu. Dua dari cacat ini adalah daya tahan dan kekuatan. Trembesi memasuki kelas permanen IV. Ini berarti kayunya sangat rentan terhadap hama seperti jamur, rayap dan kutu debu. Meskipun kayu ini terlihat kuat, ia termasuk dalam kelas III yang kuat. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak menggunakan bahan ini dalam kondisi kapasitas beban tinggi sesuai kebutuhan

Pada akhirnya Trembesi menawarkan poin positif dan negatif ketika kita menggunakannya. Yang terbaik adalah memaksimalkan poin positif atau surplus kayu Trembesi sambil menghilangkan kekurangannya. Misalnya, karena kayu ini kurang tahan, lebih baik menerapkan perawatan pengawet sebelum dikonversi menjadi furnitur. Gunakan pengawet berkualitas tinggi seperti BioCide. Dengan metode yang sederhana namun efektif ini, furnitur dari Trembesi dapat dibuat menjadi kayu jati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *